Minggu, 30 Oktober 2011

PEMODELAN GEOMETRIS

Pemodelan adalah sebuah proses pembentukan/membuat suat objek. Proses pemodelan diperlukan alat bantu untuk menghasilkannya di dunia nyata, seperti komputer.

Pemodelan geometris merupakan cabang dari matematika terapan dan komputasi geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi matematika bentuk. Bentuk belajar di pemodelan geometris tersebut kebanyakan 2D atau 3D, karena 2D adalah model yang penting dalam komputer tipografi dan gambar teknik. Tiga dimensi model adalah pusat untuk computer aided design dan manufacturing (CAD / CAM), dan banyak digunakan dalam bidang teknik seperti sipil dan mechanical engineering, arsitektur, geologi dan medis pengolahan gambar.

Geometris model yang bisa ditampilkan pada computer seperti shape/bentuk, posisi, orientasi, warna/tekstur, dan cahaya. Pada goemetris model juga terdapat tingkat-tingkat kesulitan untuk membuat suatu obyek seperti menghubungkan beberapa bentuk sudut pada permukaan bebas karena bentuk sudut tersebut harus pas dan teliti ukurannya agar gambar terlihat nyata.





Dasar Matematika yang Diperlukan dalam Grafik Komputer
–Geometry (2D, 3D)
–Trigonometry
–Vector spaces
•Points, vectors, dan koordinat
–Dot dan cross products


sumber :
1. http://upzzpu.wordpress.com/2011/10/11/pemodelan-geometris/
2. journal.mercubuana.ac.id/data/3+Grafik+Komp-Konsep+Dasar.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar