Minggu, 14 April 2013

Pengantar Komputasi Modern - Pendahuluan

Pada kali ini saya akan membahas tentang mata kuliah softskill Pengantar Komputasi Modern. Sekarang ini banyak orang yang menggunakan komputer untuk melakukan banyak hal seperti menghtitung, menulis, menggambar, dll. Sesuai dengan tema yaitu pendahuluan maka saya akan membahas tentang komputasi itu sendiri.

Definisi Komputasi:

Sesuai dengan referensi dari http://dwichiptaningsih.blogspot.com/2009/06/teori-komputasi.html bahwa komputasi itu adalah sebuah cara yang digunakan untuk memecahkan sesuatu menggunakan komputer. Komputasi biasanya banyak digunakan oleh para scientific dan ilmuwan lainnya untuk memecahkan sebuah masalah agar mendapatkan informasi yang terjamin hasilnya.

Ilmu komputasi mempunyai sebuah model matematik dan algoritma yang telah dimasukkan ke dalam komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah pada ilmu sains. Jadi komputer disini adalah benda yang menjalankan komputasi tersebut sesuai dengan algoritma yang telah diberikan pada komputer tersebut.






Sejarah Singkat Komputasi Modern

Pada paruh pertama abad 20, banyak kebutuhan komputasi ilmiah bertemu dengan semakin canggih komputer analog, yang menggunakan mekanis atau listrik langsung model masalah sebagai dasar perhitungan. Namun, ini tidak dapat diprogram dan umumnya tidak memiliki fleksibilitas dan keakuratan komputer digital modern. George stibitz secara internasional diakui sebagai ayah dari komputer digital modern. sementara bekerja di laboratorium bel di November 1937, stibitz menciptakan dan membangun sebuah relay berbasis kalkulator ia dijuluki sebagai “model k” (untuk “meja dapur”, di mana dia telah berkumpul itu), yang adalah orang pertama yang menggunakan sirkuit biner untuk melakukan operasi aritmatika. Kemudian model menambahkan kecanggihan yang lebih besar termasuk aritmatika dan kemampuan pemrograman kompleks.
Salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi perkembangan komputasi modern adalah John von Neumann (1903-1957), Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya. Von Neumann sangat tertarik pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih dalam bidang komputasi. Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah seperangkat komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.

Dalam komputasi modern menghitung dan mencari solusi dan menghitung dari masalah yang ada harus meliputi:
1. Akurasi (big, Floating point)
2. Kecepatan (dalam satuan Hz)
3. Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
4. Modeling (NN & GA)
5. Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)
IMPLEMENTASI KOMPUTASI
Komputasi banyak digunakan pada semua bidang salah satunya adalah komputasi sains. Komputasi sains merupakan salah satu cabang ilmu komputasi. Secara umum komputasi sains mengkaji aspek-aspek komputasi untuk aplikasi / memecahkan masalah di bidang sains lain, seperti fisika, kimia, biologi, dll.
FISIKA
Komputasi dalam bidang ilmu fisika digunakan umtuk memecahkan masalah-masalah penelitian yang sangat kompleks dan numerikal, salah satunya adalah pengolahan data, pemodelan dan simulasi sistem fisis. Komputasi pada ilmu fisika sangat membantu mencari solusi persamaan, differensial, dan analisis lainnya.
KIMIA
Pada ilmu kimia, komputasi digunakan untuk mengetahui dan menghitung sifat-sifat molekul yang di simulasikan terhadap suatu sistem yang dihasilkan melalui program komputer dan diterapkan pada sistem kimia nyata.
MATEMATIKA
Sama halnya dengan ilmu fisika dan kimia, komputasi pada ilmu matematika digunakan untuk mencari suatu solusi dari suatu sistem yang ingin di teliti contohnya adalah model sistem rotasi bumi. Dengan model matematika yang didapatkan dari komputasi maka para peneliti dengan mudah dapat mensimulasikan sistem tersebut kedalam model. 
EKONOMI
Mempelajari titik pertemuan antara ekonomi dan komputasi. Area yang tercakup antara lain agent-based computational modeling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan, computational modeling of dynamic macroeconomic systems, pemrograman yang didesain khusus untuk komputasi ekonomi, dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi.  
  
GEOLOGI
Cabang ilmu geologi merupakan ilmu yang mempelajari bumi secara menyeluruh. Komputasi pada ilmu ini adalah menganalisa dan mengukur struktur bumi pada waktu yang ditentukan.
GEOGRAFI
Ilmu yang mempelajari kondisi bumi seperti atmosfer dan lain lain. Komputasi pada ilmu ini digunakan untuk mengukur tingkat curah hujan dan kelembapan di suatu daerah.  
REFERENSI:
http://wenythepooh.wordpress.com/2011/02/27/mengenal-komputasi-modern/
http://muhammadrizka.blogspot.com/2012/05/komputasi-modern.html
http://entokjantan030.blogspot.com/2012/06/komputasi-modern.html
http://daribaliklensa.wordpress.com/2013/04/10/teori-komputasi-dan-implementasinya-terhadap-ilmu-lainnya/#more-42  
http://id.wikipedia.org/wiki/Kimia_komputasi 
http://vanish73.wordpress.com/2010/02/18/komputasi/ 













Tidak ada komentar:

Posting Komentar