Sabtu, 06 November 2010

WIKIPEDIA

























Apa Itu Wikipedia?
Kebanyakan orang mengartikan Wikipedia adalah suatu sumber atau referensi yang mudah diakses melalui internet dan kemudahannya mencari informasi. Pada situs Wikipedia sendiri, Wikipedia adalah free, berbasis web, dapat berkolaborasi, multilingual language(disajikan dalam banyak bahasa) yang didukung oleh fondasi Wikimedia. sudah sebanyak 16 juta artikel yang dibuat di Wikipedia diantaranya 3,4 juta menggunakan bahasa inggris yang ditulis oleh relawan di seluruh dunia dan dapat di edit oleh semua orang dengan mengaksesnya. Nama Wikipedia dibuat oleh Larry Sanger "WIKI" yang memiliki arti teknologi intuk membuat koloborasi website dan daribahasa hawaii yang memiliki arti quick atau cepat. Pada kata "PEDIA" diambil dari kata ENCYCLOPEDIA.

Apakah Wikipedia Berguna?
kalo menurut saya, wikipedia itu bermanfaat untuk mengetahui suatu referensi dengan cepat. Untuk orang awam pasti akan mengatakan sangat berguna karena di dalam referensi wikipedia memuat artikel dasar dari sebuah topik, contoh topik RUGBY dapat dilihat di:


pada artikel ini menjelaskan dasar-dasar dari rugby league, sejarah, peraturan, posisi dan lain-lain. mungkin hanya beberapa orang yang mengerti topik ini. tetapi dengan mengunakan sebuah referensi seperti wikipedia atau lain-lain orang akan memahami dari nol sampai ke tingkat dasar.

Contoh lain, seperti Encyclopedia
sama seperti wikipedia, encyclopedia menyediakan beberapa referensi beserta kamus yang dapat dijadikan sebagai informasi yang penting dan dapat dipahami oleh semua orang. ada banyak pedia-pedia yang lain sebagai sumber informasi, seperti:
expedia, lostpedia, dan lain-lain


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar